RSS

Monthly Archives: May 2013

Menjadi Suami itu….

Ketika Akad nikah pada 20 oktober 2012 itu selesai diucap, resmilah saya menjadi suami , menjadi Imam seumur hidupnya untuk seorang wanita ( insya Allah ), Mengemban tanggung jawab dan menanggung dosa Istri dan anaknya kelak, 7 bulan cukup bagi saya untuk semakin menyadari peran suami yg besar dalam islam, peran seorang imam dalam rumah tangga.

Ketika semua tindak tanduknya harus baik, memberi contoh kepada istri dan juga pada anak nya kelak, Suami bukan hanya dilayani saja, tapi suami pun melayani, bukanlah hal yg hina dan rendah dalam membantu pekerjaan rumah tangga.

Ketika ada tindakan istri yg gak berkenan di hati, sungguh segeralah istighfar dan maafkanlah istrinya, sungguh jangan jadi suami yg membawa istri ke neraka karena masih ada tidak ridho dalam hatinya.

Berusaha semaksimal mungkin menerapkan Zero Expectation yg pernah kutulis, karena istriku bukanlah Aisyah ataupun Fathimah, istriku hanya wanita biasa yg berusaha menjadi muslimah yg baik.

Ketika surga ataupun nerakanya istri terletak pula di keridhoan seorang suami, sungguh kewajiban yg sangat besar untuk membimbing istrinya di jalan Nya, lihatlah hadist dibawah ini :

Diriwayatkan dari Ibn Abbas r.a. suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: “Neraka diperlihatkan kepadaku dan sebagian besar penghuninya adalah perempuan kafir”. Ada seseorang yang bertanya,”apakah mereka kafir terhadap Allah (atau apakah mereka tidak bersyukur kepada Allah)?” Nabi Muhammad Saw. Menjawab, “mereka kafir (tidak berterima kasih) kepada suaminya, dan (kafir atas) perbuatan baik yang dilakukan oleh suaminya. Seandainya masa tertentu kalian selalu berbuat baik kepada salah seorang dari mereka dan kemudian ia melihat sesuatu dalam dirimu (yang tidak disukainya), ia akan berkata,”kau sama sekali tidak pernah berbuat baik kepadaku.” (Shahih Al Bukhari)

Sungguh….segeralah maafakan istrinya yg ada khilaf…bimbinglah istri2nya dijalan Allah….

Ketika semua dosa istri kita yg menanggung, sungguh haruslah kita tegas kepada istri yg lalai dalam beribadah, tegaslah kepada istri yg belum berhijab, Apa bisa kita menjawab jikalau di akhirat nanti Allah tanya “Mengapa istrimu tidak berhijab?”

Teringat seminar pra nikah yg pernah saya ikuti, ketika itu dibahas mengenai amalan2 baik dalam rumah tangga, amalan yg ketika di akhirat Allah tanya, bisa kita menjawab ” Ya Allah, amalan terbaik saya ialah tidak pernah menyakiti hati istri selama hidupnya, dan selalu membawanya ke jalanMu” ….Insya Allah Insya Allah Insya Allah.

Sungguh bukan perkara mudah menjadi suami yg baik, hanya ikhtiar maksimal lah yg bisa ku lakukan, semoga bisa menjadi suami dan imam yg baik , yg bisa mempertanggung jawabkan keluarganya nanti di depan Allah…Insya Allah…

Rabbana hab lana min azwajina wa dzuriyyatina qurrata a’yunin waj’alna lil muttaqina limaman” : “Ya Tuhan kami, karuniakanlah kepada kami dari istri-istri kami dan anak cucu kami yang menyenangkan kami dan jadikanlah kami sebagai ikutan bagi orang-orang yang bertaqwa ” (QS. Al-Furqan : 74) … Amiinn ya rabbal alamin….

Advertisements
 
 

Tags: , , , , ,

Doa (2)

… Izinkan hambamu ini mendampingi kelahiran anaknya nanti ya Rabb….sempurnakanlah proses kehamilan istri hamba, lahirkan lah Anak hamba ke dunia dengan selamat, sehat dan sempurna, mudahkanlah semuanya untuk Istri hamba Ya rabb…..

Rabbi Habli minashalihin….Rabbi Habli minashalihin….Rabbi Habli minashalihin….Rabbi Habli minashalihin

 
 

Tags:

The story of OUR Eiffel tower keychain

April 2008, saya dapat kesempatan training ke Perancis dr Schlumberger, seperti orang kebanyakan lah, pasti harus bawa oleh2 ketika pulang ke negara tercinta ini, dan yg murah meriah ialah gantungan kunci menara Eiffel , lupa harganya tp saya bawa banyak bgt, untuk bagi2..tp kalau tidak salah, 1euro bisa dpt 2 atau 3 gantungan kunci.

Naahh, mengapa dijudulnya ada “OUR” ?.. ada sedikit kisah unik dr gantungan kunci ini, jadi ceritanya waktu pas pulang dr perancis itu, ada acara kumpul2 sama temen2 SMA, sekitar bulan juni 2008, dan saya yg baru bgt pulang dr Perancis, pstlah kudu bagi2 oleh, daann di acara kumpul2 itu, Istri saya, yg waktu itu masiih teman sma saja jg datang, dan saya bagi2 itu gantungan kunci ke semua temen yg dtg.

Ternyata eh ternyata, itu gantungan kunci masih ada, dan katanya selalu dia pakai dr masih di bandung, pindah ke jakarta, jd secara gak langsung, saya yg belum ditakdirkan berjodoh sudah menemani kesehariannya bertahun2, hihi 😀

Memang dasar berjodoh yaa, skrg gantungan kunci itu kita pakai bersama, jd gantungan kunci bwt kunci2 rumah kita 🙂 . Apakah gantungan kunci ini, ialah tanda2 kita berjodoh dr dulu? :D..wallahualam..

Dan inilah gantungan kunci bersejarah ituu

IMG_20130522_095819

*KLIA Waiting for connecting flight to Kuantan

 
Leave a comment

Posted by on May 24, 2013 in Marriage

 

Tags: ,

Uangku Uangmu…Uangmu Uangmu

Dr Awal sebelum menikah hal ini sudah kami bicarakan, bagaimana mengelola uang, karena kami berdua bekerja pada saat awal menikah sehingga memiliki penghasilan masing2. Sering mendengar kawan yg sudah menikah, macem2, ada yg Suami megang uang sepenuhnya dan ngasih jatah bulanan ke istri, ada yg semua gaji suami dipegang istrinya jd suami yg dijatah sm istri.

Memang dalam islam pun gak dikupas detail, yg penting  suami memberi nafkah kepada istrinya seperti dalam Q.S. Al-Baqarah:233 : “Wajib bagi setiap suami untuk memberikan nafkah dan pakaian kepada istri, dengan sepantasnya.” , tidak menyebutkan uangnya siapa yg pegang, namun memang Uang suami boleh istri ambil tanpa sepengetahuan suami asal sesuai kebutuhan istrinya dan wajar,

Seperti diriwayatkan dalam hadis dari Hindun binti Utbah radhiyallahu ‘anha, bahwa beliau mengadukan perihal suaminya (Abu Sufyan) kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya Abu Sufyan adalah seorang yang pelit. Dia tidak memberikan harta yang cukup untuk kebutuhanku dan anak-anakku, kecuali jika aku mengambilnya tanpa sepengetahuannya.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menasihatkan, “Ambillah hartanya, yang cukup untuk memenuhi kebutuhanmu dan anak-anakmu, sewajarnya.”.

Jadi ayat dan hadist diatas , kita bisa menyimpulkan bahwa, Suami dalam islam wajib memberi nafkah pada istrinya, dan sang istri boleh memakai uang suami tanpa izin, dan uang istri hanya milik istrinya saja. Tp ingat ya para istri, boleh mengambil dan menggunakan uang suami..tp kata Rosul jg, “Sewajarnya”, krn tugas istri jg jaga harta suami kan?

Balik ke keuangan kami, seperti sudah saya sebutkan di atas, kawan2 saya ada yg ngejatah bwt istrinya ada yg dipegang sama istrinya, dua2nya dalam islam tidak ada yg salah, asal hak2 istri terpenuhi. Dan saya memilih yg kedua, saya memilih untuk memberi semua uang gaji saya kepada istri, karena kenapa?

Karena dalam islam pun, salah satu kewajiban istri ialah menjaga harta suami, jadi saya ingin dong, biar istri dapet pahalanya banyakan..hehe..jadi saya biarkan istri yg mengelolanya, dan juga dengan memberi semua uang kepada istri, untuk membangun TRUST dalam pernikahan kami , karena rasa2nya kalau menjatah istri, walaupun uang yg dikasih bulanan misalkan sangat cukup bwt memenuhi kebutuhan istri dan kebutuhan rumah tangga sehari2, tp ko ya kyk gak percaya sama istri ( pendapat saya aja ini mah 😀 )

Dengan memberi semua kepada , timbul komunikasi yg lebih hangat, istri pun akan cerita, pengeluaran uang kami kemana saja, dan juga, saya kan sekarang yg dijatah pas lg kerja di malaysianya, jd lucu aja, kadang saya pun merengek kepada istri untuk minta dibeliin Jersey bola, krn kan uangnya di istri semua, jadi sering timbul lah canda2an ..hehe..

So Reader, pada pakai yg mana nih, dalam mengatur keuangan rumah tangganya?

*Bandung 15 Mei 2013

 
5 Comments

Posted by on May 16, 2013 in Ihdina Shirotal Mustaqim.., Marriage

 

Tags: , , , ,

Wanita itu hebat

Rasulullah bersabda, Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari Muslim)

Sudah jelaslah, di dalam hadist di atas bahwa kita harus lebih berbakti/hormat kepada ibu 3x lebih tinggi daripada kepada Ayah,

Wanita itu hebat, dulu sedari kecil kita sudah banyak dapat tentang hadist di atas , dan saya yakin para  pembaca pun lebih banyak yg dekat dengan ibu dibanding dengan bapak, saya pun sama lebih dekat dgn Ibu dibanding dengan bapak.

Sekarang, saya melihat dengan mata sendiri, istri tercinta yg lagi hamil anak pertama kami, dari mual2nya, pusing2, sekarang jalan mulai berat, kakinya bengkak ,tidur pun susah. saya jadi membayangkan, bagaimana kalau laki2 yg Allah kasih fitrahnya untuk mengandung dan melahirkan, pasti gak mau, hehe, ngebayangain apa yg istri rasakan, kyknya gak sanggup deh kalau laki2 harus hamil.

Tp memang sudah fitrahnya wanita seperti itu, jadi para wanita memang akan kepayahan dalam hamil dan melahirkan, wong sudah Allah katakan ko dlm Quran, salah satunya di Qs. Al-Ahqaaf : 15 , “….Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan…. “

Dan dengan melihat kehamilan istri jg, saya yg notabene akan menjadi ayah, jujur, ikhlas sangat ikhlas jika anak saya lebih berbakti kepada ibunya baru kepada saya seperti hadist diatas, selain karena hadist di atas, karena WANITA ITU HEBAT , 

Ya, Wanita memang hebat, walaupun diciptakan dr tulang rusuk , tp wanita sangat hebat , jika yg saya tulis di atas kehebatan wanita yg sudah menikah dan hamil, wanita yg belum hamil jg punya kehebatan tersendiri, dikala harus menahan sakit dan mules ketika haid, kebayang kalau laki2 harus haid juga,,,ogah dah..hehe

Wanita itu memang Hebat .

*Bandung, 15 Mei 2013

 

Tags:

Me and my Jersey

Salah satu hobi saya ialah ngumpulin jersey, gak jadi pemaen bola, seenggaknya pake jersey bola, biar berasa jadi pemaen bola.. 😀 , dari yg masih jaman replicanya “austy”, ampe bajakan, KW dan Original punya,  dari masih dibeliin bapak, ngumpulin uang jajan, pake uang sendiri, dan dari oleh2 dikasih temen jg..jadi kalau yg mau ngado, jersey bola aja yaa :D..here we go , me and my jersey :

Slide1 Slide2 Slide3

*foto diambil oleh istri tercinta dirumah tercinta jga 😀

 

 
2 Comments

Posted by on May 1, 2013 in Karedok leunca..

 

Tags: ,